Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Jumat, 02 Januari 2015

Tips mengatasi susah tidur selama kehamilan

CARA MENGATASI SUSAH TIDUR SELAMA MASA KEHAMILAN

 


 

Bagi ibu hamil, tidur yang cukup tentu akan berpengaruh baik pada perkembangan janin. Dengan mengistirahatkan badan dan fikiran anda akan merasa rileks. Pada dasarnya seorang ibu hamil memiliki hubungan intetaktif dengan janin yang di kandungnya. Apabila anda merasa rileks maka janin pun merasakan hal yang sama. Setiap kali anda gembira, sedih, lapar atau merasakan hal lain janin pun akan merasakannya juga.

Tapi sebagian dari ibu hamil mengalami susah tidur yang tentunya akan berpengaruh tidak baik untuk perkembangan janin. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan ibu hamil :
  • Mandilah dengan air hangat. Mandi dengan air hangat ( jangan terlalu panas ) akan membuat otot, sendi dan urat pada tubuh akan terasa rileks dan tubuh akan merasa nyaman. Mandilah dengan sabun beraroma segar yang akan membantu anda siap untuk tidur
  • Minum segelas susu hangat. Dalam susu terkandung asam amino trythopan yang akan meningkatkan kadar serotonin dalam yang dapat membantu anda untuk cepat tidur
  • Cari posisi tidur yang nyaman. Pada masa kehamilan posisi tidur yang di ajurkan adalah posisi miring kesisi kiri anda, dengan miring kearah kiri akan membantu mengoptimalkan aliran darah oksigendan nutrisike plasenta
  • Hindari makan terlalu banyak menjelang tidur. Cobalah untuk menghindari makan terlalu banyak atau terlalu kenyang sebelum tidur, karna dapat menyebabkan rasa tak enak pada ulu hati atau bagian perut sehingga menyebabkan anda susah tidur. Gantilah dengan makanan ringan atau segelas susu hangat.
  • Mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik akan membuat anda merasa tenang dan rileks sehingga akan membuat anda mudah tertidur.
  • Mintalah pasangan untuk memberi pijatan lembut, yang tentunya akan membuat anda semakin rileks.

Semoga dengan melakulan tips tips di atas anda akan mudah memndapatkan tidur yang cukup yang pastinya akan sangat berpengaruh baik pada perkembangan janin.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....