Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Selasa, 30 Desember 2014

Mengapa ibu hamil harus melakukan senam hamil...???





SENAM HAMIL



    Kebanyakan dari ibu hamil tidak menyukai olahraga, perut yang sudah membesar biasanya menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Tapi jangan khawatir, olahraga untuk ibu hamil tidaklah susah untuk dilakukan. Kita bisa menyebutnya dengan senam hamil. Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil fisik maupun mental dalam menghadapi persalinan nantinya.




    Senam hamil biasanya dimulai sejak kehamilan memasuki trimester ke 3, yaitu sekitar 28-30 minggu. Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk menghadapi proses persalinan nantinya. Berikut adalah beberapa tujuan senam hamil :
  • Melatih relaksasi, proses relaksasi akan sempurna dengan melakukan latihan kontraksi dan relaksasi juga diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit saat proses persalinan.
  • Menghindari kesulitan, senam hamil dapat membantu persalinan serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.
  • Memperkuat elastisitas otot, senam hamil dapat memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot otot dinding perut sehingga dapat mencegah atau mengatasi keluhan nyeri di bokong, di perut bagian bawah, dan keluhan wasir.
  • Menguasai teknik pernapasan. Latihan pernapasan sangat bermanfaat untuk mendapatkan oksigen, sedangkan teknik pernapasan dilatih agar anda siap menghadapi persalinan.
  • Meningkatkan mood dan pola tidur anda, selain untuk kesehatan senam hamil juga bisa meningkatkan mood anda sehingga anda akan mendapatkan pola hidup yang sehat.
  • Memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot otot dinding perut dan dasar panggul yang penting dalam proses persalinan.
  • Mempercepat menurunkan berat badan setelah melahirkan.

    Itulah tadi beberapa tujuan mengapa kita harus melakukan senam hamil. selain kesehatan yang akan kita dapatkan, senam hamil juga akan membantu kita dalam menghadapi persalinan nantinya.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....