Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Rabu, 04 Februari 2015

Tanda-tanda Ketuban Pecah

Tanda-tanda Ketuban Pecah

 

    Ketuban normalnya berwarna putih dan tidak berbau. Jikaselaput ketuban pecah, bumil akan merasa keluar air dari kemaluan, bisa dalm jumlah sedikit atau banyak. Kadang dirasakan seperti buang air kecil yang tidak dapat ditahan seperti mengompol. Jika curiga ketuban pecah atau rembes, segeralah kebidan/dokter.
Bidan atau dokter akan melakukan pemeriksaan mulut rahim untukmelihat ada tidaknya air ketuban yang merembes dari mulut rahim. Jika pernah dilakukan juga pemeriksaan menggunakan kertas lakmus untuk memastikan apakah air yang terlihat benar-benar ketuban atau bukan.

    Ketuban memilki banyak fungsi, antara lain :
  • mencegah infeksi dalam rahim
  • mempertahan kan suhu dalam rahim
  • agar janin dapat leluasa bergerak dan menggembangkan alat geraknya
  • untuk perkembangan saluran cerna dan saluran nafas janin
    Jika selaput ketuban pecah, resiko paling awal dapat terjadi adalah resiko infeksi. Dibeberapa pusat kesehatan, terutama yang memilki fasilitas perawatan intensif untuk bayi baru lahir, jika ketuban pecah dini walau usia kehamilan belum cukup bulan, disarankan untuk melakukan persalinan mengingat segala resiko yang dihadapi jika janin dibiarkan tetap dalam rahim dengan kondisi ketuban yang sedikit dan selaput yang sudah pecah.

Semoga Bermanfaat..
Have a nice day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....