Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Sabtu, 07 Februari 2015

Jenis Obat Yang Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan

Jenis Obat Yang Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan

 

    Bumil diharapkan lebih berhati-hati dalm mengkonsumsiobat-obatan selama hamil. Karna jika sembarangan mengkonsumsi obat dan apalagi tanpa petunjuk dokter akan sangat berbahaya bagi bumil sendiri dan janin.
    Untuk keamanan, obat bagi bumil dikategorikan menjadi 5 bagian :

  • Kategori A: terdapat cukup penelitian pada wanita hamil bahwa obat tersebut tidak memiliki resiko untuk janin terutama trimester pertama.
  • Kategori B: penelitian pada hewan percobaan tidak menunjukkan resiko untuk janin,namun belum ada penelitian yang cukup pada wanita hamil. Atau terdapat efek yang tidak diinginkan pada penelitian hewan percobaan, namun terdapat cukup penelitian pada wanita hamil bahwa obat tersebut tidak memiliki resiko untuk janin, terutama trimester pertama.
  • Kategori C: terdapat efek yang tidak diinginkan pada penelitian hewan percobaan, namun belum ada penelitian yang cukup pada wanita hamil. Manfaat obat mungkin lebih besar dibanding resikonya. Atau belum ada penelitian yang cukup baik pada hewan percobaan maupun manusia.
  • Kategori D: terdapat resiko cacat bagi janin manusia, namun kemungkinan manfaat obat lebih besar dibanding dengan resikonya.
  • Kategori X: terdapat resiko cacat bagi janin manusia, dan obat tidak memilki manfaat yang diketahui lebih besar dibanding dengan resikonya.
    Semua obat (kecuali obat herbal) memilki kategori ini. Hal ini dapat dilihat di brosur obat maupun searching di internet.Obat yang dianggap paling aman untuk dikonsumsi bumil adalah yang masuk kategori A dan B. Sedangkan obat dengan kategori  C hanya boleh dikonsumsi dengan pengawasan dokter.

Semoga bermanfaat..
Have a nice day....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....