Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Selasa, 17 Februari 2015

Mengapa Ibu Hamil Dilarang Makan Buah Anggur...?

Mengapa Ibu Hamil Dilarang Makan Buah Anggur...?


 

    Mengapa ibu hamil dilarang makan buah anggur, padahal buah ini kaya akan zat besi...? Inilah yang perlu bumil ketahui agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah anggur ketika hamil. Makan buah anggur selama masa kehamilan masih diselimuti kontroversi. Banyak orang mengatakan hal tersebut aman, namun tidak jarang yang menyarankan  ibu hamil untuk menghindari buah anggur selama kehamilan.


    Dikutip dari beberapa sumber terdapat beberapa efek samping bila  wanita mengonsumsi buah anggur selama masa kehamilan, yaitu :
  • Anggur Hitam. Anggur hitam bisa sangat menimbulkan masalah bagi ibu hamil. Hal ini diyakini karena kulit anggur hitam akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan yang lemah dari bumil. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari anggur hitam.
  • Keasaman anggur. Anggur bisa sangat asam , sedangkan ibu hamil sangat rentan terhadap rasa mulas. Itu sebabnya keasaman dapat menyebabkan ibu hamil merasa mulas jika terlalu banyak mengonsumsi buah anggur. Selain itu, keasaman juga dapat menyebabkan mual ataupun muntah pada ibu hamil.
  • Diare. Mengonsumsi terlalu banyak buah anggur bisa meningkatkan panas dalam perut. Jadi, hal ini dapat menyebabkan diare pada ibu hamil. Perlu diketahui, diare selama kehamilan adalah kondisi berbahaya karena membuat tubuh kekurangan cairan.
  • Keracunan. Masalah utama dari mengonsumsi buah anggur selama masa kehamilan adalah karena buah anggur resveratrol yang tinggi. Bahan kimia ini berpotensi beracun bagi wanita hamil yang hormonnya tidak seimbang dan menyebabkan beberapa komplikasi selama kehamilan.
   Nah, dari bahaya-bahaya bauh anggur bagi ibu hamil tadi, masihkh bumil masih akan menyantap buah ini..? Bumil tentu sudah tau resiko-resiko yang bisa saja bumil temui makan anggur ketika sedang hamil. Namun, para peneliti menggaris bawahi bahwa pada kasus keracunan, dibutuhkan jumlah anggur yang cukup banyak untuk bisa membuat seseorang keracunan. Apabilka jumlah yang dikonsumsi kecil, mungkin yang perlu anda waspadai adalah diare. Untuk itu, disarankan agar selalu mengonsumsi buah-buah asam, termasuk anggur setelah perut terisi makanan lainnya.

Semoga bermanfaat...
Have a nice day..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....