Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Jumat, 06 Februari 2015

Berbahayakah sering-sering melakukan USG

Berbahayakah sering-sering melakukan USG

 

    Pemeriksaan kehamilan rutin bertujuan untuk mengawasi tingkat kesehatan bumil, perkembangan dan pertumbuhan janin, seta mendeteksi dini resiko-resiko dalam kehamilan dan persalinan. Pada saat pemeriksaan, bumil yang usia kandungannya telah memasuki trimester kedua sering melakukan USG. Timbul suatu pertanyaan apakah berbahaya jika sering-sering melakukan USG...?

    Jawabannya adalah TIDAK. Pemeriksaan Ultrasonografi atau yang biasa disebut USG adalah pemeriksaan penunjang yang menggunakan alat yang disebut transducer yang memproduksi gelombang suara ultrasonic. Alat ini bekerja seperti sonar pada kapal, dengan memantulkan gelombang suara tersebut pada obyek (misal : rahim, janin, indung telur), dan menangkap kembali pantulan gelombangnya hingga membentuk suatu gambaran. Karena gelombang suara bergerak paling baik di media cair dan padat, maka dibutuhkan air (misalnya isi kandung kemih,cairan ketuban) atau gel untuk membantu menangkap gambarannya.
    USG bukan radiasi, sehingga aman bagi janin. Resiko dari USG  adalah resiko termal (panas) yang ditimbulkan dari gelombang suara tersebut. Namun resiko hanya akan meningkat jika frekuensi gelombang yang digunakan sangat tinggi dan digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Rata-rata USG kebidanan hanya menggunakan gelombang 3,5-5 MHz dengan lama penggunaan tidak lebih dari 15menit.

Semoga bermanfaat...
Have a nice day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....