Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Jumat, 06 Februari 2015

Saat yang aman untuk bepergian saat hamil

Saat yang aman untuk bepergian saat hamil

 

    Tidak ada larangan khusus untuk bepergian pada kehamilan trimester pertama. Namun usia 16 minngu keatas dianggap usia paling aman dan nyaman untuk bepergian, karena selain umumnya gejala mual dan muntah sudah mulai berkurang, pada usia kehamilan 16 minggu ari-ari sudah terbentuk sempurna dan sudah mulai bekerja.

    Usia kehamilan 36 minggu keatas tidak diajurkan lagi untuk bepergian, karena selain resiko persalinan bisa terjadi sewaktu-waktu, sebagian besar maskapai penerbangan juga melarang. Biasanya maskapai penerbangan menggunakan batasan usia kehamilan di 32 minggu.
    Dianjurkan untuk selalu bergerak selama perjalanan dan banyak minum. Setidaknya tiap 2 jam sekali bumil berjalan jalan meluruskan kaki untuk menghindari resiko thrombosit vena dalam.
    Sebelum melakukan perjalanan, berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk memastikan tidak ada kondisi-kondisi yang membahayakan seperti kontraksi atau pendarahan. Khusus untuk perjalanan menggunakan pesawat, biasanya maskapai akan meminta surat keterangan dari dokter kandungan. Surat keterangan bahwa bumil layak bepergian dengan pesawat  yang berlaku untuk satu minggu, kecuali ada kondisi khusus.

Semoga bermanfaat...
Have a anice day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....