Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Selasa, 10 Februari 2015

Berapa lama waktu nifas itu...?

Berapa lama waktu nifas itu...?

 

    Nifas umumnya berlansung dalam waktu 6 minggu atau sekitar 40 hari. Waktu tersebut sebenarnya adalah waktu yang dibutuhkan rahim untuk kembali ke ukuran awal. Kadang beberapa perempuan darah nifasnya sudah sangat sedikit bahkan sudah habis pada minggu kedua-ketiga (umumnya pada perempuan pasca operasi sesar), namun ada pula yang nifasnya lebih dari 40 hari.

    JIka anda masuk kategori yang terakhir, sebaiknya periksa dulu untuk memastikan tidak ada masalah seperti jaringan tertinggal atau metritis (infeksi rahim). Kadang ada beberapa orang setelah masa nifas kesuburan cepat kembali dan segera disambung dengan haid, sehingga seolah-olah waktu nifasnya menjadi panjang. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.
    Dan bagaimana pula haid tidak datang pasca nifas...? Ibu menyusui mengalami peningkatan hormon prolaktin (hormon yang memproduksi  ASI), sedangklan hormon prolaktin ini diproduksi ditempat yang sama dengan hormon-hormon kesuburan. Maka tidak heran jika ibu menyusui tidak mengalami haid, terutama selama ASI ekslusif (6 bulan pertama setelah persalinan). Beberapa ibu menyusui bahkan tidak mengalami haid selama dia menyusui, yaitu 1-2 tahun, dan hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Semoga bermanfaat...
Have a nice dream..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....