Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Senin, 02 Februari 2015

Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika pasutri sedang dalam program hamil?



Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika pasutri sedang dalam program hamil? 

 

     Setiap wanita yang baru menikah pastinya menginginkan untuk cepat hamil. Tapi tidak semuanya lansung di kasih kepercayaan oleh Yang Maha Kuasa untuk menjaga titipanNya tersebut. Untuk cepat mendapatkan momongan kebanyakan pasutri melakukan program hamil yang dianjurkan oleh dokter atau bidan. Dalam melakukan program hamil ada yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pasutri supaya program tersebut berhasil. Berikut ada beberapa hal yang yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika pasutri sedang dalam keadaan hamil :



  •  Konsumsi alcohol berlebihan pada pria mengganggu kesuburan dan pada perempuan membahayakan calon janin.
  •   Merokok baik aktif maupun pasif secara signifikan menurunkan tingkat kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan.Bahkan salah satu penelitian menyebutkan bahwa paparan asap rokok saat janin masih dalam kandungan bisa menurunkan kualitas kesuburan si anak kelak.
  •  Belum ada penelitian yang secara konsisten menghubungkan antara konsumsi kafein (baik kopi,the,kola,maupun cokelat) dengan infertilitas.Namun,ada baiknya pasutri yang sedang berusaha untuk hamil tidak mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan (tidak lebih dari 5 cangkir kopi sehari atau sekitar 500 mg kafein.Kadar yang masih dibolehkan adalah di bawah 200-250 mg kafein sehari atau sekitar 2 cangkir).
  • Berat badan berlebihan (indeks massa tubuh >29 kg/m2) atau kurang (indeks massa tubuh < 19 kg/m2) pada laki-laki maupun perempuan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.Jadi bagi suami maupun istri yang mengalami kelebihan berat badan dianjurkan untuk menguranginya hingga mendekati berat badan ideal,begitu juga yang berat badannya terlalu rendah dianjurkan untuk meningkatkan hingga mencapai berat badan ideal.
  • Peningkatan suhu di daerah buah zakar pada pria dapat menurunkan kualitas sperma.Oleh karena itu pria dianjurkan untuk tidak menggunakan pakaian dalam atau celana terlalu ketat yang dapat meningkatkan suhu di daerah tersebut,menghindari berendam dalam air hangat terlalu sering,atau memangku laptop secara langsung dalam waktu lama.Bahkan salah satu penelitian menganjurkan agar pria sebaiknya tidak meletakkan telepon genggam langsung dalam kantong celana.
  •  Beberapa pekerjaan atau pola pekerjaan juga dapat mempengaruhi kesuburan,contoh: pekerjaan dengan jam kerja yang panjang/melelahkan,pekerjaan yang berhubungan dengan radiasi,panas,atau pestisida/zat-zat kimia tertentu.Masalah pekerjaan ini harus dijadikan pertimbangan bagi pasutri yang sedang dalam promil.
  • Beberapa jenis obat-obatan juga dapat mempengaruhi kesuburan.Diharapkan pasutri yang sedang promil mencatat dan menginformasikan jenis-jenis obat yang sedang/sering dikonsumsi pada dokternya.
  •  Konsumsi asam folat mulai dari sekarang.Konsumsi asam folat 400 mcg sehari mulai sejak sekurang-kurangnya 3 bulan sebelum kehamilan dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin.Contoh cacat tabung saraf:anensefalus (tempurung kepala tidak terbentuk),spina bifida (tulang belakang tidak menutup sempurna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....