Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Senin, 02 Februari 2015

Makanan yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan



Makanan yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan

 

    Tidak hanya kondisi fisik saja yang dijaga dalam rangka meningkatkan kesuburan. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari pun turut menentukan kondisi kesuburan seseorang. Misalnya beberapa penelitian menunjukkan kekurangan zat gizi selenium dan zinc dapat menurunkan kesuburan.Vitamin-vitamin yang selama ini dipercaya sebagai penyubur antara lain adalah asam folat dan vitamin E. 

Zat-zat gizi dan vitamin berikut ini dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan,juga sebagai persiapan hamil dan selama kehamilan kelak:



  • Kalsium (kebutuhan:1.000 mg/hari). Terkandung dalam susu dan produk-produknya,kedelai,brokoli,sayuran hijau,dan semua lauk yang dimakan berikut tulang/cangkangnya (sarden,udang,dan sebagainya).
  • Zat besi.Zat besi banyak ditemukan dalam protein hewani seperti daging kalkun,ayam,dan sapi(hindari bagian yang berlemak).
  • Mangan. Terkandung dalam bayam,wortel,brokoli,gandum,kacang-kacangan,pisang.
  • Zinc. Kebutuhan harian zat gizi ini adalah 15 mg/hari. Zat ini terkandung dalam daging kalkun,sapi,domba,babi,ayam,kacang-kacangan,gandum,yoghurt,sereal,jagung,telur,dan kerang-kerangan,terutama oysters. Zinc meningkatkan hormone testosteron.
  • Omega-3.Terkandung dalam ikan salmon,sarden,dan herring. Omega-3 juga terkandung dalam biji labu,walnut,dan telur yang difortifikasi.
  • Asam folat (kebutuhan:400 mcg per hari). Terkandung dalam karbohidrat kompleks seperti gandum,kacang-kacangan,sayuran hijau,dan buah (antara lain alpukat). Konsumsi asam folatsekitar 400-700 mcg sehari pada pria menurunkan risiko abnormalitas sperma (gerak/bentuk sperma yang tidak normal).
  • Selenium. Merupakan antioksidandan dapat meningkatkan jumlah sperma.
  • Vitamin B12. Berfungsi meningkatkan jumlah sperma.
  • Vitamin C. Mencegah penggumpalan sperma.Pada perokok. Vitamin C juga berfungsi sebagai anti radikal bebas yang dikeluarkan oleh zat yang terkandung dalam rokok.(jangan lupa untuk berhenti merokoknya juga,lho!).
  • Vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan.Antioksidan adalah penetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab tersering terjadinya gangguan pada produksi/kualitas sperma.
    Dengan menjaga kondisi fisik dan menjaga pola makan sehari-hari tentunya akan meningkatkan kesuburan yang akan mempermudah pasangan dalam melakukan pembuahan. Peluang terjadinya kehamilan pun akan semakin besar.
Semoga bermanfaat...
Have a nice day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....