Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Minggu, 01 Februari 2015

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

 

    Mual dan muntah saat hamil terutama saat trimester pertama adalah hal yang wajar. Namun, kadang bumil mengalami muntah yang berlebihan. Muntah dalam kehamilan dianggap berlebihan apabial menyebabkan bumil tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari, penurunan berat badan yang drastis, dan pada pemeriksaan laboratorium di dapatkan gangguan keseimbangan elektrolit darah dan pada urin terdapat zat keton.

    Zat keton pada urin didapatkan jika tubuh sudah mulai memecah lemak yang menjadi cadangan makanan tubuh karna asupan glukosa yang bisa diproses sebagai sumber energi tidak cukup. Jika ditemukan kondisi seperti ini maka ibu hamil harus dirawat di RS untuk mengembalikankecukupan cairan dan energi melalui infus.
    Cara yang paling mudah untuk mengatasi mual dan muntah dalam kehamilan adalah dengan makan sedikit sedikit tapi sering. Jangan memaksakan untuk menghabiskan seporsi makanan. misalnya bru mengkonsumsi 2-3 suap sudah terasa mual hentikan makan. Coba makan kembali saat 1-2 jam lagi. Dianjurkan juga untuk membawa cemilan  dan ngemil setiap kali 2 jam. Cemilan bisa berupa biskuit, namun jika bisa mengkonsumsi buah-buahan akan lebih baik.
    Cara lain adalah mengkonsumsi jahe, baik berupa seduhan(wedang jahe) maupun permen. Jahe sudah diteliti memilki khasiat menghilangkan mual dan muntah khususnya pada kehamilan

Semoga bermanfaat....
Have a nice day....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....