Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Minggu, 01 Februari 2015

Wajarkah sering sakit kepala saat hamil

Wajarkah sering sakit kepala saat hamil

 

    Sakit kepala mungkin suatu hal yang tidak asing lagi bagi kita dalam kehidupan sehari hari. Banyak faktor yang jadi penyebab timbulnya sakit kepala, seperti : hujan-hujanan; panas-panasan; masalah pekerjaan; dan banyak lagi lainnya. Namun bagaimana kalau sakit kepala itu sering timbul pada wanita yang sedang hamil..?
    Nah pada kesempatan kali ini kita akan coba mengulas tentang sakit kepala yang sering timbul pada ibu hamil. Pertanyaan nya adalah, wajarkah sering sakit kepala saat hamil...?

    Jawabannya adalah.... Wajar. Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul dalam pikiran kita pastinya adalah mengapa itu wajar...? Simak penjelasannya berikut ini.
    Hormon kehamilan menyebabkan pembuluh pembuluh darah ibu hamil cenderung melebar dengan tujuan memaksimalkan asupan oksigen dan nutrisi ke tubuh bumil maupun janin yang dikandungnya. Namun pembuluh darah yang lebih lebar menyebabkan tekanannya berkurang,sehingga bumil cenderung memilki tekanan darah yang lebih rendah dari biasanya.
    Aliran darah ke kepala cenderung menurun, sehingga sering menyebabkan sakit kepala. Jika sakit kepala sering dirasakan di pagi hari/saat bangun tidur, dianjurkan untuk banyak minum dan melakukan olahraga ringan seperti senam atau jalan kaki untuk meningkatkan aliran darah ke kepala. Namun jika sakit kepala dirasakan setelah lama bekerja/posisi berdiri yang lama, dianjurkan untuk berbaring dengan kaki diangkat lebih inggi dari kepala.
    Jika yang dirasakan adalah pandangan berkunang-kunang, waspadai kemungkinan ibu hamilmengalami anemia. Mintalah dokter/bidan untuk melakukan uji kadar hemoglobin.
    Nah... sekarang sudah jelas kan mengapa sakit kepala saat hamil itu wajar...
Semoga bermanfaat...
Have a nice day....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....