Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Sabtu, 31 Januari 2015

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Kehamilan Trimester Pertama

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Kehamilan Trimester Pertama

    Pada awal kehamilan, sebaiknya sang calon ibu lebih menjaga atau membatasi kegiatan yang dilakukan sehari hari. Karna pada awal kehamilan trimester pertama, pembuahan yang telah terjadi bisa saja mengalami keguguran jika sang calon ibu tersebut tidak berhati hati dalam melaksanakan aktifitas sehari  hari.

Berikut  adalah apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama :

  • Aktifitas fisik. Aktifitas fisik sehari-hari termasuk naik turun tangga, menyetir, naik motor, berjalan, olahraga, dan lain lain masih boleh dilakukan. Yang harus dihindari adalah aktifitas yang menyebabkan  lelah berlebihan, membutuhkan keseimbangan tubuh, menyebabkan dehidrasi, kontraksi rahim(perut terasa kencang dan mules dan terasa mengeras), apalagi kalau sampai timbul flek atau pendarahan
  • Mandi air hangat. Tidak dianjurkan untuk bumil terutama trimester pertama untuk mandi/berendam dalam waktu yang lamadalam air yang bersuhu tinggi(lebih tinggi dari suhu tubuh). Beberapa penelitian menghubungkanberendam dengan air yang terlalu hangat dapat menyebabkan gangguan tulang belakang pada janin.
  • Radiasi elektromagnetik. Beberapa waktu yang lalu sempat ada kekhawatiran tentang bahaya gelombang elektromagnetikyang dikeluarkan oleh peralatan elektronik seperti telepon seluler, komputer, maupun microwave terhadap janin. Namun hingga saat ini ada penelitian yang berhasil membuktikan adanya pengaruh paparan gelombang elektromagnetik tehadap janin.
  • Hubungan Intim.Banyak pasuti yang takut untuk melakukan hubunganintim saat hamil. Sebenarnya selama kondisi kehamilan baik, tidak ada keluhan kontraksi atau flek, tidak ada riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya, maka hubungan intim cukup aman. Kalau khawatir, bisa hubungan intim dengan cara cairan sperma tidak dikluarkan didalam vagina atau denghan menggunakan kondom,untuk menghindari kontak lansung cairan mani dengan rahim, karna cairan mani mengandung zat prostagladin yang bisa menyebabkan kontraksi rahim.
  • Pijat dan refleksi. Ibu hamil boleh melakukan pijat, kecuali dibagia perut. Pijat dibagian perut beresiko menyebabkan plasenta lepas dari tempat menempelnya yang membahayakan nyawa ibu maupun janin. Khusus refleksi di trimester pertamatidak dianjurkan karna dikhawatirkan dapat menimbulkan kontraksi rahim.
  • Mengecat rambut/keriting rambut/rebonding. Semua kegiatan salon yang menggunakan zat kimia tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil, karna dikhawatirkan bisa diserap oleh kulit dan masuk keperedaran darah.
  • Facial/menggunakan pemutih wajah/obat jerawat. seebaiknya hindari obat yang mengandung obat merkuri, tetrasiklin,retinol, karna membahayakan janin.
Itulah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....