Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Rabu, 14 Januari 2015

TIPS NAIK PESAWAT UNTUK WANITA HAMIL



TIPS NAIK PESAWAT UNTUK WANITA HAMIL

 

    Bepergian sewaktu tengah berbadan dua  mungkin sudah biasa dilakukan oleh kebanyakan ibu ibu yang sedang hamil. Baik itu dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil, kendaraan laut seperti bepergian dengan kapal laut atau dengan menggunakan pesawat terbang. Pada zaman sekarang ini mungkin yang sering digunakan untuk bepergian adalah dengan menggunakan pesawat terbang.

Berikut beberapa tips untuk wanita hamil yang berencana hendak bepergian dengan pesawat terbang.


  •  UTAMAKAN KENYAMANAN  

Mengingat anda tengah berbadan dua,sebaiknya gunakan perlengkapan yang nyaman. Misalnya dalam memilih alas kaki,gunakan sepatu atau sandal dengan hak rata. Gunakan pakaian yang nyaman,cari bahan yang bisa menyerap keringat agar anda tidak kepanasan.  Saat diperjalanan,usahakan untuk rileks. Cari posisi yang nyaman untuk duduk. Mintalah untuk duduk di bagian tengah pesawat yang menawarkan tempat lebih dan nyaman atau dekat bagian sayap pesawat. Kencangkan sabuk pengaman di perut bagian bawah. Musik membuat anda lebih rileks, selain itu music juga dapat memberi ketenangan untuk si jabang bayi. Usahakan untuk memilih tempat duduk disamping gang, untuk mempermudah mobilitas ke toilet.
  • BAWA SELALU MAKANAN DAN MINUMAN

Jangan berpergian dengan perut kosong. Bawalah beberapa makanan kecil untuk mencegah mual. Selama kehamilan,anda tak pernah tahu kapan anda menjadi lapar. Pilih camilan yang bergizi dan tentunya tidak berbahaya untuk kandungan. Baca juga nutrisi penting ibu hamil. Minum banyak cairan. Kelembapan yang rendah di kabin dapat menimbulkan efek dehidrasi. Hindari minuman berkafein untuk mencegah dehidrasi.
  • USAHAKAN SERING BERGERAK

Jika kemungkinan,bangun dan jalan setiap setengah jam untuk peregangan otot-otot dan melindungi dari penyumbatan pembuluh darah. Gerakan kaki setiap 15 menit mengingat ibu hamil sering mengalami kejang kaki akibat penggumpalan di pembuluh darah balik bila duduk terlalu lama.Misalnya dengan meluruskan kaki,memutar pergelangan kaki,dan meggerakkan ibu jari kaki.
  • BAWA DAN PAKAILAH KAOS KAKI

Siap-siap membawa kaus kaki saat bepergian,.Kaus kai berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadinya DVT (Deep Venous Thrombosis) atau thrombus pada vena dalam.
  • BAWA PERMEN JAHE UNTUK MENGHIDARI MUAL

Untuk mencegah kemungkinan mual dalam perjalan,coba makan permen jahe dan banyak istirahat.
  •   LAKUKAN RELAKSASI SELAMA PERJALANAN

Relaksasi sangat baik dilakukan selama perjalanan. Pikirkan hal-hal positif dan lakukan pengaturan pernapasan agar tubuh dan janin mendapat cukup asupan oksigen. Jika sempat,anda juga dapat mengistirahatkan tubuh dengan tidur selama perjalanan agar badan lebih bugar saat tiba di tempat tujuan.

   Dengan melakukan beberapa tips diatas maka anda tidak perlu takut lagi naik pesawat, walaupun dalam kondisi sedang hamil. Karna sebenarnya tak ada yang melarang ibu hamil naik pesewat.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....