Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Rabu, 21 Januari 2015

RAHASIA DI BALIK NGIDAM

RAHASIA DI BALIK NGIDAM

 

    Tidak semua ibu merasakan apa itu ngidam, tapi sebagian besar ibu hamil muda merasakan masa-masa ngidam tersebut. Ibu hamil biasanya merasa ngidam di trimester pertama kehamilannya. Namun sebenarnya perasaan ngidam itu bisa terus terjadi sampai menjelang melahirkan.
    Gejala ngidam yang paling ketara adalah
ketika seorang ibu hamil mengidamkan sesuatu hal (biasanya makanan tertentu) yang biasanya sesuatu itu harus sampai dapat, sehingga kalau tidak ada di suatu tempat harus di cari di tempat yang lain. Kalau kata orang tua bilang, nanti kalau tidak dituruti anaknya bakalan ngileran atau ngeces terus.
    Tahukan anda bahwa ngidam sebenarnya terjadi karna adanya pengaruh hormon. Gejala ngidam akibat adanya proses adaptasi dan perkembangan janin di dalam perut sang ibu khususnya di trimester pertama. Pada masa ini, ibu hamil sering merasakan mual dan muntah (morning sickness), tidak enak badan dan tidak berselera untuk makan seperti biasanya sehingga ibu hamil sering menginginkan makanan yang biasanya tidak lazim dan tidak biasa dia makan.
    Ngidan itu juga sebagai tanda tubuh ibu hamil memerlukan zat gizi tertentu.  Baca juga Nutrisi Penting Ibu Hamil. Beberapa hal yang diidamkan bisa diartikan sebagai sinyal dari kekurangan suatu gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah kalori selama kehamilan. Misalnya saja kalau ingin makan buah yang asam asam berarti tubuh butuh vitamin C.
    Beberapa ibu yang menjalani progaram vegetarian mungkin akan mengidamkan untuk makan steak dan daging lainnya selama kehamilan. Ini bisa berarti tubuhnya memerlukan zat besi untuk lebih membantu pertumbuhan janinnya.
 
    Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....