Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Kamis, 29 Januari 2015

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Dan Dibatasi Oleh Ibu Hamil



 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Dan Dibatasi Oleh Ibu Hamil


    Apa saja makanan atau minuman yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya oleh ibu hamil..? Mari kita simak penjelasan berikut ini agar ibu dan calon ibu lebih berhati-hati dalam memilihnya:


Hindari menyantap makanan olahan,penggunaan bumbu instan dan penyedap rasa

    Makanan olahan dan bumbu instan dan penyedap rasa ini menawarkan energy,gula,dan garam yang tinggi.Hal ini merupakan pantangan bagi ibu hamil yang kegemukan.Selain dapat menimbulkan resiko darah tinggi,kadar gula darah tinggi juga bisa membuat timbangan berat badan ibu hamil menjadi naik.Selain itu kandungan zat kimia sintetis untuk mengawetkan,memberi rasa,dan memeberi warna pada makanan dan bumbu instan ini juga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Hindari makanan dan minuman yang diawetkan

    Makanan dan minuman yang diawetkan terutama yang menggunakan zat aditif atau zat tambahan makanan seperti zat pewarna,zat pengawet dan zat pemanis buatan lainnyasebaiknya dihindari oleh ibu hamil.Hal ini bisa berbahaya buat kesehatan janin.Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat warna tekstil seperti rodhamin B,methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker.Pemanis buatan yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan kanker kantung kemih.Zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks yang banyak digunakan dalam bakso,mi dan tahu ini sebaiknya juga harus dihindari.

Hindari daging sapi,telur dan ikan yang diolah kurang matang atau mentah.

     Mengapa...? Hal ini dikhawatirkan masih mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella (menyebabkan keracunan dan keguguran),Ecoli (dapat merusak sel ginjal dan usus),listeria monocytogenes (penyebab keguguran dan janin meninggal dalam kandungan),dan toksoplasma (penyebab janin berkondisi abnormal).

Batasi minuman yang mengandung kafein.

     Kafein pada kopi pekat dan the hitam sebaiknya dibatasi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran pada trimester awal kehamilan.Selain itu kafein bisa menembus plasenta yang akan  berpengaruh terhadap detak jantung serta system pernafasan janin.Kafein juga berpengaruh dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah),dan janin meninggal saat lahir.Kafein yang berlebihan juga bisa meningkatkan tekanan darah ibu yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

Hindari susu segar yang belum diproses (dipasteurisasi).

     Susu segar yang belum diproses ini karena dikhawatirkan terkontaminasi kuman yang dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya.

Batasi makanan yang mengandung energy tinggi tetapi miskin zat gizi lainnya.

     Hal ini seperti makanan banyak mengandung gula dan lemak.Misalnya keripik kentang,cake,fast food.Makanan ini dapat menyebabkan berat badan ibu hamil akan mengalami peningkatan yang tidak normal dan bayi lahir besar sehingga dapat menyulitkan persalinan.

Batasi mengkonsumsi lemak.

     Pada prinsipnya lemak tetap bermanfaat bagi perkembangan otak dan saraf janin,akan tetapi konsumsilah sesuai anjuran.Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi lemak sehat (lemak tak jenuh) seperti yang terdapat pada minyak kedelai,minyak jagung dan sebagainya.Selain itu beberapa jenis ikan laut seperti salmon juga mengandung lemak sehat yaitu omega 3 dan omega 6.Hanya saja ibu hamil harus membatasi mengkonsumsi lemak jahat (jenuh) seperti jeroan,gajih,mentega,keju dan lainnya.Terlalu banyak mengonsumsi lemak jahat juga dapat menyebabkan bayi lahir premature,berat badan bayi melebihi normal,dan mengganggu penyerapan lemak baik dalam tubuh.

Batasi makanan yang mengandung gas.

     Nangka (matang dan metah),kol,ubi jalar dan durian adalah contoh makanan yang mengandung gas yang harus dibatasi konsumsinya oleh ibu hamil.Hal ini dapat menyebabkan keluhan nyeri ulu hati pada ibu hamil.

Hindari sayuran mentah yang tidak dimasak.

     Hal ini dikhawatirkan ada kuman toksoplasma yang bisa membahayakan janin.Sayuran mentah yang tidak dimasak seperti lalapan maupun karedok.

Batasi makanan yang bergaram tinggi.

     Misalnya ikan asin ,ikan teri asin,kornet dan sayuran kalengan.Hal ini khusunya untuk hamil yang mengalami hipertensi.Makanan ini dapat memisu kenaikan tekanan darah pada ibu hamil yang dapat mengakibatkan pre eklamsi (keracunan kehamilan).

Batasi makanan yang bersodium.

     Makanan yang bersodium tinggi dapat menyebabkan pre eklamsia pada ibu hamil.Hal ini biasanya ditandai dengan kenaikan tekanan darah dan kaki bengkak.Bila dikonsumsi secara berlebihan,kandungan sodium dalam tubuh akan membuat hati bekerja lebih keras,memacu tekanan darah,dan meningkatkan stress.Makanan bersodium banyak terdapat pada makanan kaleng,makanan yang diawetkan,makanan beku,dan fast food.

Batasi minuman soft drink.

     Minuman soft drink ini menajanjikan kalori yang tinggi tapi rendah zat gizi lainnya.Fruktoso pada soft drink adalah gula sintetik yang diekstrak secara kimiawi dari jagung dan memiliki kalori yang sangat tinggi sehingga akan meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat.Risikonya timbul diabetes mellitus selama kehamilan dan janin juga akan mengalami kelebihan berat badan.

Hindari alcohol.

    Bir,wine,whisky adalah alcohol yang harus dihindari ibu hamil lantaran berbahaya bagi kehamilan dan janin yang dikandungnya.Plasenta rentan terhadap alcohol.Risikonya untuk janin adalah bisa terjadi kecacatan pada janin.Dalam hal ini janin mengalami FAS (Fetal Alcohol Syndrome).Misalnya ukuran kepala janin yang kecil dan tak normal,kelainan wajah,pertumbuhan janin terhambat,serta kelainan susunan saraf pusat dan otak.Selain itu juga dapat memicu hipertensi pada ibu hamil.

Hindari minuman air es yang dicampur sirup dan gula secara berlebihan.

     Minuman air es tidak akan membikin gemuk karena itu hanya mitos.Yang membuat ibu hamil gemuk,berisiko diabetes mellitus dan bayi lahir gemuk justru terdapat pada sirup,gula,krim,dan susu full krim yang berlebihan yang dicampur dalam air es atau es.

Hindari makanan dan minuman yang kurang higienis (kurang bersih).

     Kerap ibu hamil ingin makanan jajanan dan minuman tertentu yang di jual di pinggir jalan.Padahal jajanan dan minuman yang dijual dipinggir jalan terpapar debu dan lalat.Dampak buruknya apabila ibu mangonsumsi makanan dan minuman ini adalah ibu akan mengalami diare dan typhus.Alangkah lebih baik ibu mengolah makanan sendiri sehingga benar-benar terjamin kebersihan pengolahan dan penyimpanannya.












Itulah tadi beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari dan dibatasi oleh ibu hamil.
Semoga bermanfaat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....