Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Minggu, 11 Januari 2015

KEHAMILAN DAN IBADAH PUASA

KEHAMILAN DAN IBADAH PUASA




    Apakah wanita hamil diperbolehkan untuk berpuasa..? Jawabannya adala tergantung dari kondisi kesehatan anda. Selama kondisi kesehatan anda dan janin dinyatakan sehat maka puasa boleh saja dilakukan, asalkan anda tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Pemenuhan nutrisi ini harus sama dengan kondisi ketika anda tidak berpuasa.

    Kandunagn nutrisi dan gizi yang seimbang sekitar 2.500 kalori dalm sehari. Dengan komposisi 50% karbohidrat ( sekitar 308 gram ), 30% protein ( sekitar 103 gram ), dan 10-20% lemak ( sekitar 75 gram ). Pemenuhan nutrisi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, syur, lauk pauk, buah dan susu setiap kali bersantap buka dan sahur.
    Anda juga dapat menambahkan suplemen vitamin yang diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Disamping itu ada beberapa zat penting yang diperlukan saat kehamilan, diantaranya asam folat, zat besi dan kalsium. Asam folat diperoleh dari kacang kacangan, zat besi diperoleh dari sayur sayuran dan kalsium dapat diperoleh dari susu dan ikan.

Namun anda disarankan untuk tidak berpuasa jika mengalami gangguan sebagai berikut.


  • PENYAKIT DARAH TINGGI ATAU HIPERTENSI. Ibu hamil yang mempunyai riwayat hipertensi tidak disarankan untuk berpuasa karna harus minum obat untuk mengatur naik dan turunnya tekanan darah. Naik dan turunnya tekanan darah harus dihindari selama hamil karna bisa menyebabkan kematian  bagi ibu maupun si bayi.
  • MENGALAMI PENDARAHAN. Jika tetap dipaksakan berpuasa tentunya akan membahayakan keadaan janin dalam kandungan.
  • GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN. Gangguan sistem pencernaan yang paling sering sakit lambung atau maag. Ibu hamil dengan gangguan ini yang memaksakan diri berpuasa berarti memperbesar peluang penyakitnya akan kambuh. Lambung kosong akan mempertinggi peluang terjadinya peningkatan asam lambungdan bisa berbahaya untuk bayi.
  • KENCING MANIS ATAU DIABETES MILITUS. Wanita hamil dengan kencing manis tidak disarankan untuk berpuasa. Karna selain harus menjalani terapi obat secara teratur, anda juga harus mematuhi program makan yang telah dibuatkan supaya kadar gula dalam darah bisa tetap terkontrol
  • DEHIDARSI ATAU KEKURANGAN CAIRAN. Dehidrasi biasanya dialami oleh ibu hamil muda. Penyebabnya adalah morning sickness dengan gejala muntah muntah dan nafsu makan tidak ada. Saat dehidrasi tubuh ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi, maka ibu hamil yang mengalmi dehidrasi tidak disarankan untuk berpuasa.
Itulah tadi beberapa kondisi dimana ibu hamil tudak disarankan berpuasa.
Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....