Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Minggu, 25 Januari 2015

KETIKA KEGUGURAN TIDAK DAPAT DI HINDARI

KETIKA KEGUGURAN TIDAK DAPAT DI HINDARI

 


    Ibu hamil mana yang ingin mengalami keguguran, pastinya tidakkan ada. Setiap ibu hamil pasti menginginkan kehamilan yang sehat sampai kelahiran. Namun, keguguran terjadi walaupun kita tidak menginginkannya. Ketika dinyatakan bahwa keguguran sedang berlangsung atau tidak dihindari, orang tua terkadang  diberi 2 tawaran : membiarkan terjadi secara alami atau di kuret ( kuretase ).


    Ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan oleh orang tua dan dokter dalam mengambil keputusan :


~ Sudah seberapa jauh keguguran terjadi

        Jika pendarahan dan kram sudah cukup parah, keguguran mungkin sedang berlangsung. Dalam kasus ini, membiarkannya berlansung secara alamilebih disarankan dari pada kuretase. Sebaliknya, jika telah diketahui melalui USG kalau janin telah mati, namun hanya terjadi sedikit pendarahan atau bahakan tidak ada sama sekali kuretase mungkin menjadi  alternatif yang baik.

~ Seberapa jauh kehamilan telah berlangsung

       Semakin tua usia janin, semakin banyak jaringan janin, semakin dianjurkan melakukan kuretase untuk membersihkan rahim sepenuhnya.

~ Keadaan fisik dan emosi ibu

    Menunggu jaringan keluar dengan sendirinya dari rahim( yang pada beberapa kasus memerlukan 3-4 minggu) dapat melemahkan fisik dan emosional bagi seorang wanita, begitu juga bagi sang calon ayah.

~ Manfaat dan resikonya

    Karena kuretase bersifat bedah, resikonya sedikit lebih tinggi. Yang paling sering adalah kemungkinan infeksi. Bagi sebagian wanita, manfaatnya mungkin lebih besar dibandingkan resikonya karna dapat menuntaskan keguguran lebi cepat. Keguguran yang berlangsung secara alami memiliki resiko bahwa janin tidak sepenuhnya keluar dari rahim. Dalam kasus seperti ini, kuretase mungkin dibutuhkan untuk menyelesaikan proses alami yang telah berlangsung.

~ Evaluasi atas keguguran itu

    Ketika kuretase telah dilaksanakan, mengevaluasi penyebab keguguran  melalui pemeriksaan jarigan janin akan lebih mudah.

Cara apapun yang dipilih, dan apakah cobaan ini berakhir lebih cepat atau lebih lambat, kehilangan akan tetap sulit bagi orang tua.

Semogaa Bermanfaat....

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....