Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Sabtu, 03 Januari 2015

Persiapan yang harus dilakukan sang calon ayah sebelum melakukan pembuahan

PERSIAPAN PRAPEMBUAHAN UNTUK AYAH


Bila menginginkan anak , tidak hanya anda yang harus melakukan sesuatu agar segera hamil, seperti mengetahui masa subur dengan sistem kalender dan lain sebagainya, tetapi sang bakal calon ayah juga harus berusaha mengubah sebagian gaya hidupnya sebagai persiapan pembuahan. Diantara hal hal yang harus dilakukan sang bakal calon ayah adalah :

  • Temui Dokter. Lakukan persiapan fisik secara menyeluruh untuk memastikan anda tidak mempunyai masalah  kesehatan ( seperti testis melorot, kista pada testus atau tumor, atau depresi ) yang mungkin  bisa mengganggu proses pembuahan atau kehamilan yang sehat pada istri anda. Juga tanyakan tentang efek samping seksual dari obat yang diresepkan, obat bebas atau obat ramuan yang anda . Beberapa obat  bisa menimbulkan masalah dengan kesuburan dan mengurangi jumlah sperma yang pastinya tidak anda inginkan.
  • Perbaiki pola makan. Semakin baik nutrisi anda, semakin sehat sperma anda, dan semakin mudah anda melakukan pembuahan. Pola makan anda seharusnya merefleksikan pola makan prakehamilan istri anda. Untuk memastikan anda mendapat cukup nutrisi paling penting ( terutama vitamin C, E, D, zink dan Kalsium yang semuanya itu sangat mempegaruhi kesuburan dan kesehatan sperma), minumlah suplemen Vitamin dan Mineral saat anda berusaha melakukan pembuahan. Pastikan suplemen tersebut mengandung asam folat. Kurangnya asupan asam folat pada bakal calon ayah akan menyebabkan menurunnya kesuburan dan juga cacat lahir.
  • Tinggalkan kebiasaan merokok. Merokok akan mengurangi jumlah sperma pria dan membuat pembuahan semakin sulit. Selain itu berhenti merokok akan  meningkatkan kesehatan semua orang didalam keluarga, karena perokok pasif hampir sama bahayanya seperti perokok aktif. Hal itu bahkan bisa meningkatkan resiko bayi anda meninggal mendadak. 
  • Hindari paparan zat penggangu kesuburan. kadar timbal tinggi, juga racun dalam beberapa barang organik (seperti yang ditemukan dalam cat, lem dan pernis), pestisida atau bahan kimia lain bisa menggangu kesuburan pria.
  • Hindari panas. Produksi sperma tidak normal ketika testis terlalu panas. Testis akan lebih baik beberapa derjat lebih rendah suhunya dari pada suhu tubuh. Jadi hindarilah mandi air panas, sauna dan celana yang ketat seperti jeans ketat dan celana dalam yang ketat. Jauhkan laptop dari pangkuan anda karna panas dari alat tersebut bisa meningkatkan suhu skrotum dan mengurangi jumlah sperma anda.
  • Pakai pelindung. Jika anda memainkan olahraga keras termasuk sepak bola dan basket, pakailah pelindung untuk mencegah terjadinya luka pada alat kelamin. Terlalu sering naik sepeda juga bisa menimbulkan masalah. Tekanan sadel sepeda yang terus menerus pada alat kelamin akan mengganggu pembuahan dan merusak arteri saraf
  • Santai. Hal yang satu ini penting untuk anda dan istri anda. Stres tidak hanya mempengaruhi libido dan penampilan anda, tetapi juga mempengaruhi kadar hurmon testoteron dan produksi sperma anda. Semakin anda rileks semakin besar peluang anda melakukan pembuahan.
Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....