Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Senin, 19 Januari 2015

MENERAPKAN HEALTHY LIFE STYLE SEBAGAI PERSIAPAN PRA KEHAMILAN

MENERAPKAN HEALTHY LIFE STYLE SEBAGAI PERSIAPAN PRA KEHAMILAN



    Keberhasilan kehamilan  dipengaruhi salah satunya oleh kualitas sel telur dan sel sperma. Nah, dengan menjalani healthy lifestyle seperti memakan makanan yang bergizi seimbang, membatasi konsumsi kafein, menjauhi alkohol, menghindari rokok, waktu tidur yang cukup dan olahraga yang teratur, diharapkan sel telur dan sel spermayang diproduksi akan berkualitas baik dan membuat ibu menjalani kehamilannya dengan sehat dan lancar.


~ Makan Bergizi Seimbang


   Asupan gizi dalam makanan sangat mempengaruhi kualitas sel telur dan sel sperma sehingga penting untuk mencermati makanan yang di konsumsi. Tinggalkan fast food dan mulai lah memakan makanan yang bergizi seimbang, yaitu makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, berfariasi, dan tentu saja sesuai dengan kebutuhan tubuh.Baca juga nutisi penting ibu hamil.
    Bagi sang calon ibu, utamakan makanan kaya protein dan anti oksidanuntuk mempersiapkan sel telur berkualitas baik. Selain itu konsumsi asam folat yang dapat diperoleh dari makanan sehari hari atau dengan mengkonsumsi suplemen asam folat. Buat pria, kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi, zink, dan asam folat. Zat besi banyak terdapat pada daging sapi dan sayuran berwarna hijau. Asam folat dapat diperoleh dari kacang kacangan  dan kuning telur. sedangkan zink banyak terdapat pada seafoot ( makanan dari laut ).

~ Jauhi Alkohol


    Pria yang cenderung mengkonsumsi alkohol akan mempengaruhi kualitas sel spermanya. Begitu juga dengan wanita akan mempengaruhi kualitas sel telurnya. Sehingga peluang untuk terjadinya kehamilan sangat kecil.

~ Batasi Kafein


    Kafein dapat mempengaruhi kualitas sel sperma dan sel telur. Bila ingin  segera hamil, jumlah kafein yang direkomendasikan tidak boleh lebih dari 200 mg perhari. Jumlah 200 mg kafein ini setara dengan 8 cangkir teh(950ml) dan 350ml kopi. Kafein terdapat bukan hanya pada kopi, tapi juga pada teh, coklat, dan obat peredam sakit kepala.

~ Hindari Rokok Dan Polusi Lingkungan


    Sekedar informasi, bahwa kebiasaan merokok pada pria terbukti menurunkan 42% kualitas sperma. Menurut penelitian dengan berhenti merokok bisa meningkatkan kualitas sperma hingga 80%. bagi ibu hamil merokok juga akan menurunkan kualitas janin meskipun tidak berakibat secara lansung.Misalnya meningkatkan resiko keguguran, berat badan bayi rendah dan bayi lahir prematur. Jadi kalau pasangan suami istri menginginkan janinnya sehat, harus menghindari rokok minimal semenjak 3 bulan sebelum merencanakan kehamilan dan juga menghindari menjadi perokok pasif dengan menjauhi para perokok. Selain itu jauhi juga polusi lingkungan yang disebabkan asap knalpot, pembakaran sampah, asap pabrik dan lain sebagainya.

~ Waktu Tidur Cukup Dan Berkualitas


    Pasangan suami istri yang merencanakan kehamilan sebaiknya memiliki waktu tidur yang cukup, teratur dan berkualitas. Pria dan wanita yang gemar bergadangtak akan memiliki kualitas sperma dan sel telur yang baik, sehingga akan lebih sulit memiliki anak.

~ Olahraga Teratur


    Bagi wanita dengan olahraga teratur maka tubuh akan terasa lebih bugar dan untuk menjaga berat badan ideal alias tiidak gemuk dan tidak kurus. Sebab berat badan yang idealakan membuat kondisi hormonal wanita alkan seimbang sehingga proses pembuahan pun akan dapat berlansung lebih mudah dan lancar.
    Bagi pria, olahraga teratur aka membantu menjaga tubuh selalu dinamis sehingga saat melakukan penetrasi bisa lebih kuat dan tahan lama. Dengan penetrasi yang bagus dapat mendorong masuknya sperma secara benar kedalam rahim.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....