Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Jumat, 23 Januari 2015

MENGAPA ASUPAN GIZI IBU HAMIL HARUS DI PERHATIKAN

MENGAPA ASUPAN GIZI IBU HAMIL HARUS DI PERHATIKAN

    Ibu hamil harus cermat dalam mengkonsomsi makanan, tidak hanaya memperhatikan variasi makanan tetapi apakah sudah sesuai  kebutuhan gizi ibu hamil. Baca juga nutrisi penting ibu hamil. Semuanya demi lahirnya bayi yang sehat dan pintar. Mengapa asupan gizi ibu mulai dari trimester pertama sampai dengan trimester ketiga harus sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil..? Sebenarnya ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Bertamabahnya berat badan ibu hamil. Kebutuhan gizi ibu hamil mengalami peningkatan dibandingkan sebelum hamil, baik energi, protein, vitamin maupun mineral. Meningkatnya kebutuhan zat izi ini diperlukan janin untuk perkembangan organ jantung, hati, paru,sistem saraf, otak dan lainnya. Bila kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi maka tumbuh kembang janin pun baik fisik dan otaknya akan optimal, sehingga impian memiliki bayi sehat dan cerdas akan menjadi kenyataan.
  • Diharapkan berat badan ibu hamil normal, sehingga ibu dapat menjalani kehamilan  dengan baik dan aman. Selain itu, agar bayi yang dilahirkan  sehat dengan status gizi yang baik, karena status gizi yang baik pada masa janin akan mempengaruhi status kesehatan di masa kanak-kanak hingga dewasa.
  • Makanan yang dikonsumsi ibu sebaiknya membentuk lebih banyak jaringan  tubuh dan bukan lemak. Hal ini agar tidak terjadi penimbunan lemak yang berlebihan yang dapat menyebabkan kegemukan pada ibu hamil.
  • Makanan yang sehat dapat mencegah atau meminimalkan munculnya rasa sakit pada saat menjelang persalinan atau persalinan yang belum pada waktunya. Bila unsur mineralnya tercukupi, ibu dapat terhindar dari resiko persalinan prematur serta memiliki cadangna energi untuk melahirkan.
  • Membantu proses produksi ASI(Air Susu Ibu). Hal ini tentu saja menjadi prioritas utama untuk Inisiasi Menyusui Dini(IMD) dan diharapkan nantinya ibu tidak mengalami hambatan saat menyusui.
  • Ibu dengan komplikasi kehamilan seperti diabetes melitus, anemia(kekurangan darah), hipertensi(tekanan darah tinggi), pre eklamsia(keracunan kehamilan yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah dan kaki bengkak), dan eklamsia kehamilan (kondisi lanjutan pre eklamsia yang tidak teratasi dengan baik sehingga bisa menyebabkan kejang-kejang), dan hiperemesis (mual dan muntah berlebihan dapat diatur makanannya sesuai kebutuhan gizinya dan penyakitnya sehingga tidak menyulitkan selama kehamilan. Ibu yang mengalami  keluhan kehamilan misalnya enek-enek di awal kehamilan dapat diatasi dengan mengatur makanan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sumber vitamin B.
    Hal yang terpentig yang harus ibu hamil ketahui adalah " selama 9 bulan  kehamilan, hanya ibulah sumber gizi bagi janin agar dia tumbuh sehat dan cerdas. Lantaran itulah ibu perlu mengkonsumsi makanan ehat dengan memperhatikan asupan gizi ibu hamil". Nah, bagaimanakah bila kecukupan gizi ibu hamil tidak terpenuhi..? Tentunya serangkaian dampak merugikan akan timbul, baik itu dampak bagi ibu hamil serta bagi bayi yang akan dilahirkan.

Semoga Bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....