Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Selasa, 13 Januari 2015

PERKIRAAN KELAHIRAN BAYI

KAPAN BAYI SAYA AKAN LAHIR


    Ketika hasil tes menunjukkan anda hamil dan gejala gejala kehamilan juga sudah anda alami , maka pertanyaan selanjutnya adalah, " kapan bayi saya akan lahir..?". Kurang lebih 266 hari atau 38 minggu sejak pembuahan hingga kelahiran ditambah dua minggu atau sama dengan 280 hari. Ini sama dengan 40 minggu dari hari pertama haid terakhir, yang biasanya berlansung dua minggu setelah hari pertama haid terakhir anda.

    Anda dapat memperkirakan tangal kelahiran bayi anda dengan menghitung hari pertama haid terakhir anda. Tingkat akurasi tergantung  pada siklus menstrasi anda( biasanya 28 hari). Jika anda memiliki siklus menstresi yang lebih pendek atau lebih panjang, tanggal kelahiran mungkin bergeser sedikit dari hitungan normal.
    Hari perkiraan kelahiran hanyalah perkiraan. Anda seharusnya bersikap fleksibel terhadap hal ini dan tidak melihatnya sebagai hari yang pasti dan mempermasalahkannya. Memang akan menyenangkan bila hari perkiraan kelahiran sesuai dengan hari dimana anda akan melahirkan. Menurut beberapa penelitian, hanya satu dari 20 bayi yang benar benar lahir pada tanggal yang diperkirakan. Kehamilan yang sehat dan normal berlansung antara 38-42 minggu, dan kebanyakan kelahiran terjadi dalam dua minggu sebelum atau sesudah tanggal perkiraan kelahiran.
    Karna sedikitnya wanita yang benar benar melahirkan pada tanggal perkiraan mereka melahirkan, sebagian ahli kebidanan megusulkan agar para wanita di beri perkiraaan "minggu melahirkan".Untuk awalnya, minggu melahirkan adalah antara minggu ke 40 dan ke 41. Tetapi usulan ini belum diterima luas. Sebagian besar dokter masih mengandalkan hari perkiraan lahir walaupun hanya berlaku untuk wanita dengan siklus menstrasi yang teratur.
    Meskipun jika nanda tidak memastikan kapan waktu pembuahaannya atau tidak yakin kapan terakhir kali anda berovulasi, ada petunjuk lain yang bisa membantu.
    Petunjuk pertama adalah ukuran uterus saat dilakukan pemeriksaan awal kehamilan secara internal. Pemeriksaan ini akan memastikan perkiraan usia kehamilan anda. Selanjutnya ada cara cara lain yang dapat memberikan perhitungan yang lebih akurat usia kehamilan anda. Pertama dengan denyut jantung janin yang terdengar ( sekitar 10-12 minggu dengan peralatan DOPLLER, atau sekitar 18-20 minggu dengan stetoskop), ketika denyut kehidupan pertama terasa (sekitar 20-22 minggu pada anak pertama atau 16-18 mingggu untuk anak anak yang berikutnya ), tinggi fundus (puncak uterus)pada setiap kunjungan (misalnya fundus akan mencapai pusar pada sekitar minggu ke 20). Jika semua indikasi ini sepertinya sesuai dengan tanggal perkiraan yang anda perhitungkan dengan dokter, maka anda bisa cukup yakin kalau tanggal itu mendekati akurat, artinya kemungkinan besar anda akan melahirkan  dalam 2 minggu sekitar itu. Dokter juga akan memutuskan untuk mengggunakan ultrasound sebelum minggu ke 12 untuk lebih memastikan ketetapan  usia janin. Penggunaan USG juga dapat membantu perkiraan kelahiran bayi. ( baca juga jenis jenis usg )
    Saat kelahiran sudah dekat, akan ada petunjuk lain dari peristiwa besar itu. Kontraksi yang tidak sakit akan lebih sering, janin akan turun ke panggul, leher rahim anda mulai menipis dan memendek, dan yang terakhir, leher rahim anda mulai membesar. Petunjuk petunjuk itu akan membantu tetapi tetap tidak memastikan, hanya Allah SWT yang tahu pastinya kapan bayi anda akan berulang tahun nantinya.

Semoga Bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....