Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Jumat, 23 Januari 2015

DAMPAK KEKURANGAN GIZI BAGI IBU HAMIL

DAMPAK KEKURANGAN GIZI BAGI IBU HAMIL

 


    Seperti yang kita bahas sebelumnya di Mengapa Asupan Gizi Ibu Hamil Harus Diperhatikan, bagaimana bila bila kecukupan  gizi ibu hamil tidak terpenuhi. Tentunya serangkaian dampak merugikan akan timbul, baik dampak bagi ibu hamil, bagi janin serta bagi bayi yang dilahirkan. Adapun dampak-dampak jika kekurangan gizi pada ibu hamil adalah :


    BAGI IBU HAMIL


    Berbagai keluhan kehamilan seperti varises, sembelit, mudah merasa lelah, pusing, pegal, masalah kulit, masalah gusi dan lain lain ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh hormonal saja, tetapi juga dari asupan gizi pada saat hamil. Timbulnya varises (pembesaran pembuluh darah balik di kaki) pada ibu bisa diakibatkankarna minimnya konsumsi vitamin C. Pegal dan kram kaki bisa terjadi akibat kurangnya fosfor dan kalsium.
    Ibu yang kurang asupan serat seperti buah dan sayur biasanya akan mengalami sembelit. Rasa mudah lelah dan lemas yang mendera ibu kemungkinan disebabkan kekurangan protein, energi dan zat besi. Selain itu bila ibu kurang gizi, maka bisa menyebabkan kelahiran prematur, pendarahan hebat pada saat melahirkan dan lain-lain.

    BAGI JANIN


    Asupan gizi yang kurang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karna itu, ibu hamil sangat perlu memperhatikan kualitas dan kuantitas asupan makanannya. Otak janin dan organ organ lainnya mulai berkembang di trimester pertama, dan akan berkembang terus sampai lahir. Terutamaotak, perkembangannya sangat pesat di trimester ke dua dan ketiga. Dengan asupan gizi yang cukup diharapkan tumbuh kembang janin bisa opimal.

    BAGI BAYI


    Perlu diketahui bahwa status gizi dan kesehatan bayi padasaat lahir berkaitan erat status gizi ibu selama kehamilan. Ibu yang status gizinya baik maka bayi yang dilahirkan pun status gizinya akan baik. Sebaliknya apabila status gizi ibu kurang maka bayi yang dilahirkan pun akan memiliki satus gizi dan kesehatan yang kurang. Bahkan tidak menutup kemungkinan bayi yang dilahirkan meninggal, lahir prematur dan ada juga bayi yang mengalami cacat lahir. Ynag diperlukan adallah motifasi ibu untuk selalu memperhatikan asupan makanannya. Hal ini karna sangat berpengaruh terhadap status gizi ibu yang juga akan mempengaruhi tumbuh kembang fisik dan kecerdasan otak janin hingaa kehidupan anak tersebut kelak dikemudian hari.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....