Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Senin, 19 Januari 2015

SEHAT FISIK DAN MENTAL SEBELUM HAMIL

SEHAT FISIK DAN MENTAL SEBELUM HAMIL

 

     Keberhasilan sebuah kehamilan sangat dipengaruhi oleh persiapan sebelum hamil. Jauh sebelum dinyatakan berbadan dua, baik untuk kehamilan pertama maupun berikutnya, calon ibu hamil hendaknya melakukan persiapan yang matang. Baca juga persiapan yang harus dilakukan sang ayah sebelum melakukan pembuahan. Hal ini tentu akan membantu sang calon ibu menjalani kehamilan dengan mulus. Adapun persiapan yang dilakukan pasangan suami istri yaitu menyangkut fisik dan mental.


  ~ PERSIAPAN FISIK


    Adapun persiapan fisisk yang harus dilakukan adalah skrinning atau persiapan kesehatanyang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit yang dapat mengganggu jalannya kehamilan nanti dan kesehatan organ reproduksi. Selain itu perhatikan juga asupan gizinya dan jalani healthy lifestyle dengan cara tidak merokok, olahraga yang teratur untuk menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh sehingga fisik sang calon ibu kuat untuk menghadapi proses kehamilan hingga persalinan kelak.

 ~ PERSIAPAN MENTAL

    
   Kondisi kejiwaan dapat mempengaruhi kehamilan. apalagi sepanjang kehamilan ada kemungkinan ibu mengalami berbagai keluhan kehamilan seperti enek-enek,muntah, lemas dan berbagai keluhan lainnya. Pastinya ini akan mempengaruhi kondisi psikis ibu hamil. lantaran itulah calon ibu hamil perlu mempersiapkan mentalnya. 
   Nah, sekarang timbul pertanyaan, " apa yang baiknya dilakukan seorang calon ibu hamil untuk mempersiapkan mentalnya..? " Salah satu yang penting adalah memperbanyak informasi tentang kehamilan. Dalam hal ini wanita yang merencana hamil, khususnya yang baru pertama kali hamil perlu mengetahui apa saja yang umunya terjadi pada kehamilan sehingga ia tidak merasakan kaget karna berbagai informasi tentang kehamilan sudah didapat sebelumnya. Ia pun siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi sepanjang kehamilan, bahkan menjelang persalinannya kelak.
   Masa sekarang ini teknologi telah demikian canggih, yang sangat memudahkan kita untuk memperoleh informasi. Informasi dapat kita peroleh dengan cepat dan mudah dengan membaca dari berbagai media yang mengulas kehamilan, seperti buku, tabloid, majalah, dan blog ini salah satunya. Kita pun dapat mengikuti talkshow dan seminar sharing moment pregnancy. Bergabung dengan milis atau komunitas yang sering membahas kehamilanpun bisa menjadi alternatif pilihan. Seperti yang banyak kita jumpai pada forum forum yang ada di internet atau facebook. Apalagi jika dalam milis atau komunitas tersebut di dampingi oleh tenaga ahli, seperti dokter spesialis kebidanan dan kandungan, bidan , dan psikolog. Namun kita harus tetap selektiff dan kritis dalam menerima informasi. pasalnya ibu ibu yang bergabung di tempat ini tidak semuanya ekspert dibidang kehamilan ataupun kesehatan. Jadi kebanyakan berdasarkan pengalaman saja.
   Bahkan tanpa mengeluarkan biaya pun kita bisa mendapatkan informasi melalui obrolan dengan orang tua, saudara, teman baik yang sedang hamil maupun yang sudah pernah hamil. Mereka pasti mau diajak sharing pengalaman sehingga kita bisa memperoleh gambaran kehamilan. Satu hal yang penting juga adalah dukungan suami dan keluarga sangat diperlukan calon ibu hamil untuk membangun kesiapan mentalnya.
 Semoga Bermanfaat....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....