Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Sabtu, 28 Februari 2015

OLAHRAGA DAN SENAM HAMIL

OLAHRAGA DAN SENAM HAMIL

    Olahraga dan senam hamil mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan anda dan bayi anda. Berat tambahan 10-12 kg yang anda peroleh selama kehamilan ditanggung oleh punggung, otot-otot belakang dinding perut anda, persendian dan ikat tulang pinggul anda, dan
otot-otot pangkal pinggul. Beberapa olahraga sederhana dan pernafasan terkendali serta relaksasi akan menjaga tubuh dan pikiran anda tetap rileks.
    Olahraga mencegah otot tidak terlalu meregang dan menghindarkan anda dari kesakitan di paruh terakhir kehamiland dan memudahkan persalinan ketika sudah tiba waktunya. Latihan pernafasan dan relaksasi , disamping meredakan ketegangan selama kehamilan, juga memungkinkan anda melewati semua tahap persalinan dan kelahiran bayi dengan lebih mudah dan lancar.
   Anda dapat memulai latihan anda segera setelah setelah kehamilan dipastikan, kemudian perlahan-lahan menambah waktu setidaknya 20 menit setiap hari, dimulai dengan apa yang sudah biasa dilakukan tubuh anda. Jangan berolahraga sampai titik dimana anda letih dan sulit bernafas.
   Jika anda berada pada trimester pertama kehamilan anda dan jika melakukan  olahraga merupakan hal yang sulit bagi anda, maka santai saja. Minumlah banyak air putih. Hentikan segera bila terjadi luka atau cedera, atau jika anda merasa sakit, mual, lelah dan pusing atau sulit bernafas. Jika rasa sakit, mual dan lelah telah berkurang, anda bisa kembali berolahraga.

Semoga bermanfaat...
Have a nice day....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....