Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Minggu, 08 Februari 2015

Faktor Penyebab Gagalnya Pembuahan(infertilitas)

Faktor Penyebab Gagalnya Pembuahan(infertilitas)

 

    Hamil adalah suatu kondisi yang sangat diidam-idamkan oleh setiap pasutri. Namun tidak setiap pasutri yang baru menikah beruntung mendapatkannya. Ada yang menunggu berbulan-bulan dan bahkan sampai bertahun-tahun. Ada beberapa faktor yang jadi penyebab gagalnya pembuahan itu terjadi :

  • Faktor pria: jumlah sperma menurun, gerakan kurang, atau banyak yang bentuknya tidak normal, bisa akibat merokok, gangguan metabolik (diabetes, gannguan lemak tubuh, hipertensi, dll), riwayat operasi, riwayat infeksi, riwayat trauma pada kelamin, maupun disfungsi ereksi.
  • Faktor ovulasi: istri jarang/tidak pernah mempunyai masa subur, bisa akibat gangguan hormonal, adanya kista, sindroma ovarium polikistik, suatu kondisi dimana folikel tidak mengalami pematangan sehingga pada pemeriksaan USG folikel tampak kecil-kecil dalam jumlah banyak di indung telur. Biasanya penderita jarang mengalami haid dan bisa disertai dengan gejala-gejala kelebihan hormon androgen(hormon laki laki) seperti jerawat atau tumbuh rambut-rambut berlebih diarea yang tidak lumrah pada perempuan, seperti kumis, janggut, dada, punggung, dan lain-lain.
  • Faktor saluran telur (tuba falopii): sumbatan pada saluran telur atau saluran telur membengkak menyebabkan sperma tidak bertemu dengan sel telur. Biasanyagangguan pada saluran telur ini diakibatkan oleh infeksi atau penyakit endometriosis.
  • Faktor rahim: adanya polip atau mioma, kelainan bawaan rahim seperti rahim ganda, rahim bersekat, atau adanya infeksi/ trauma pada dinding dalam rahim yang mengganggu kondisi dalam rahim sehingga calon janin tidak dapat menempel.
  • Penyakit endometriosis, yaitu penyakit dimana sel-sel dinding dalam rahim tumbuh tidak pada tempatnya. Sel-sel endometriosis ini bisa tumbuh di otot rahim dan menyebabkan tumor jinak, diindung telur  dan menyebabkan kista endometriosis (kista coklat). Gejala yang paling umum adalah nyeri haid.
   Itulah beberapa faktor gagal terjadinya proses pembuahan (fertilitas).
   Semoga Bermanfaat....
   Have a nice day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....