Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Kamis, 25 Desember 2014

Nutrisi Penting Ibu Hamil

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil



    Makanan yang sehat merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan buah hati yang sehat pula. Dengan menerapkan pola makan sehat akan membantu perkembangan optimal bayi dalam kandungan. Saat hamil tubuh membutuhkan banyak protein, kalori, vitamin, asam volat dan zat besi untuk perkembangan janin.


    Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh saat kehamilan ;

  • Asam Volat, berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. Banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti kembang kol, bayam dan brokoli. Asam volat juga terdapat pada buah buahan seperti pisang , wortel, jeruk dan tomat. Kekurangan asam volatdapat mengganggu pembentukan otak pada janin sehingga bisa mendapatkan cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun atak janin.
  • Protein, sebagai sumber zat pembangun yang dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang kacangan.
  • Karbohidrat dan lemak, sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori. Biasanya terdapat pada nasi dan umbi umbian.
  • Mineral, sebagai zat pengatur. Didapat dari buah buahan dan sayur sayuran. Jika anda malas mengkonsumsi buah utuh, maka dapat disiasati dengan membuatnya menjadi jus segar.
  • Vitamin B Komplek, berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat di jumpai pada biji bijian, sayuran hijau, kacang kacangan, telur dan susu.
  • Vitamin E yang berguna untuk pembentukan sel darah merah. Biasanya terdapat pada biji bijian terutama gandum, kacang kacangan dan sayuran hijau.
  • Vitamin D, yang berguna untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Biasanya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  • Zat Besi, berguna untuk menghindari ibu hamil dari anemia. Terdapat pada sayuran hijau, daging dan hati.
  • Kalsium, diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta menghindari ibu hamil dari osteoporosis. Sumber kalsium paling baik pada saat ini dapat diperoleh dari susu serta produk olahan, sayuran hijau dan kacang kacangan.

    Dengan mengkonsumsi semua nutrisi penting tersebut tentunya akan membuat ibu hamil dan janinnya dalam keadaan sehat.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....