Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Kamis, 18 Desember 2014

Gejala Kehamilan

GEJALA KEHAMILAN



Kehamilan merupakan saat yang paling di tunggu dan di harapkan oleh seorang wanita. Apalagi setelah semua usaha yang telah dilakukan untuk bisa hamil. Mungkin kehamilan adalah tahap yang sangat asing bagi anda, tapi juga yang paling menakjubkan dari hidup anda.
Sayangnya banyak sekali wanita yang tidak mengetahui gejala gejala kehamilan itu sendiri, sehingga banyak terjadi kasus keguguran karna melakukan aktifitas yang berlebihan yang mengakibatkan kelelahan atau memakan makanan yang menjadi pantangan oleh ibu hamil.
Berikut adalah beberapa gejala gejala kehamilan yang harus anda ketahui :


~ Mual dan Muntah ( Morning sickness )
         Mual dan muntah atau yang sering disebut juga dengan morning sickness biasanya terjadi pada pagi hari. Namun bisa juga terjadi pada siang dan malam hari. Morning sickness bisa juga terjadi saat mencium aroma dan wewangian tertentu.
         Pemicu morning sickness disebabkan oleh meningkatnya hormon HGC ( Human Chorionik Gonadoprin ) secara tiba tiba dalam aliran darah dan saluran kemih. Peningkatan hormon inilah yang menyebabkan rasa mual dan muntah. Baca juga tips mengatasi morning sickness.

~ Pusing dan Sakit kepala
         Pusing berkepanjangan juga merupakan gejala kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh fisik yang lemah, lapar dan tekanan darah rendah. Selain itu peningkatan pasokan darah keseluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing.

~ Sering Buang Air Kecil
         Apabila haid sudah terlambat satu atau dua minggu anda akan sering buang air kecil. Hal ini disebabkan ada janin di dalam rahim yang menekan kandung kemih serta memicu terjadinya peningkatan siklus darah. Jangan sekali sekali membatasi atau menahan buang air kecil.
         Selain itu hindarilah dehidrasi dengan minum air putih yang cukup untuk menambah cairan dalam tubuh karna dehidrasi juga dapat memicu rasa mual.

~ Terjadinya Perubahan Pada Payudara
         Pada saat terjadi kehamilan payudara akan membesar. Membesarnya payudara disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen & progesteron. Puting susu akan semakin membesar dan area disekitar puting atau yang sering disebut areola warnanya akan semakin gelap. Payudara pun akan terasa semakin lembut dan sensitif terhadap sentuhan. Pembuluh darah vena pada payudara juga akan terlihat jelas, disebabkan oleh penegangan payudara sehingga tampak seperto garis garis kebiruan.

~ Munculnya flek(bercak darah) yang diikuti kram perut
        Munculnya bercak darah didebabkan oleh implatasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim

~ Sembelit
        Sembelit terjadi karna meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan pengenduran otot dinding usus.

~ Naiknya Suhu Tubuh
         Apabila sudah terjadi kehamilan maka suhu tubuh akan meningkat. Sehingga anda akan mengeluarkan keringat yang lebih dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi selama kehamilan.

~ Rasa lelah dan Mengantuk yang Berlebihan
         Rasa lelah dan mengantuk yang berlebihan juga disebabkan oleh perubahan hormonal dan meningkatnya beberapa organ vital seperti ginjal, jantung dan paru paru. Meningkatnya kinerja beberapa organ tersebut disebabkan untuk memenuhi kebutuhan anda dan pertumbuha serta perkembangan janin dalam rahim anda.

    Itulah tadi beberapa gejala kehamilan yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui gejala gejala tersebut maka resiko untuk kasus keguguran dapat anda hindari.

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....