Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Kamis, 18 Desember 2014

Menghitung Masa Subur Dengan Sistem Kalender

  Cara Menghitung Masa Subur Dengan Sistem Kalender


      Selain melakukan berbagai usaha agar cepat hamil anda juga dapat menghitung masa subur anda dengan menggunakan sistem kalender. Hal ini adalah cara natural atau ilmiah yang digunakan bila anda mempunyai siklus menstrasi yang teratur. Metode menurut kalender ini dikenal pula dengan metode Ogino-Knaus, karnadiperkenalkan oleh Kyusaku Ogino (dari jepang) dan Hermann Kanus (dari jerman).
      Cobalah anda mencatat siklus menstrasi anda dalam 3 bulan terakhir berturut-turut ( tanggal hari pertama haid ). Perhitungan masa subur ini didasarkan masa subur atau saat ovulasi terjadi pada hari ke-14dari menstrasi yang akan datang dan dikurangi 2 hari karna sperma dapat hidup dalam 48 jam setelh ejakulasi seta ditambahkan 2 hari karna sel telur dapat hidup 24 jam setelah ovulasi.
      Misalnya siklus haidnya 28 hari dan haid terakhirnya terjadi tanggal 1, tanggal haid bulan berikutnya adalah tanggal 28. Dengan demikian, perkiraan waktu ovulasi yaitu di tengah-tengah periode haid yakni tanggal 14. Jadi masa subur berada  pada sekitar tanggal 12 hingga 16.
      Perhitungan masa subur iniakan sangat efektif bila siklus menstrasi normal, yaitu 25-35 hari. Jika siklus menstrasi anda tidak teratur atau tidak normal, perhitungan akan jadi tidak akurat dan kemungkinan gagal. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba.
      Untuk yang silkus menstrasinya  tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstrasi selama 6 bulan  (6 siklus ). Jumlah hari terpendek dalam 6 siklus menstrasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus di kurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18=8 dan 32-11=21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke-21 dari hari pertama menstrasi.

Semoga Bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....