Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Selasa, 23 Desember 2014

Tips Mengatasi Morning Sickness


Morning Sickness dan Tips Mengatasinya



    Apa itu morning sickness...?? Mungkin tidak aneh lagi kata kata ini bagi ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil pasti mengalaminya. Morning sickness adalah gejala mual, muntah dan pusing pada pagi hingga siang hari. Gejala morning sickness biasanya terjadi dari trimester pertama kehamilan dan akan berkurang pada trimester berikutnya. Biasanya gejala ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.

     Hormon progesteron akan memperlambat kinerja lambung dan pencernaan yang akan mengakibatkan asam lambung yang berlebih. Dengan aam lambung yang berlebih tersebut akan membuat rasa mual dan ingin muntah.

Ada beberapa tips untuk mengatasi morning sickness ;

  • Saat bangun tidur di pagi hari, usahakan jangan lansung turun dari tempat tidur saat bangun. Duduklah terlebih dahulu dan minum teh manis hangat dan sedikit cemilan. Tunggu sekitar 10 menit sebelum turun dari tempat tidur. Hal ini berguna untuk menstabilkan asam lambung.
  • Makanlah ketika perut terasa enak. Jangan makan denga porsi banyak karna kan meningkatkan rasa mual. Tapi makanlah dengan porsi sedikit tapi sering untuk menghindari perut yang kosong.
  • Hindari makanan yang akan meransang produksi asam lambung seperti makanan yang mengandung lemak, terlalu banyak bumbu dan terlalu asam atau pedas. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein. Dan juga jangan lupa untuk memperbanyak makan buah dan sayuran.
  • Perbanyaklah minum air putih, susu rendah lemak untuk mengganti cairan tubuh yang dikeluarkan saat muntah.
  • Hindari menggunakan komputet atau gadget dalam waktu yang lama, karna akan dapat memicu sakit kepala yang bisa menyebabkan anda mual dan muntah.
  • Perbanyak lah memakan makanan yang mengandung vitamin B6 seperti advokat, pusing, beras atau sereal.


Dengan anda melakukan beberapa tips tadi semoga bisa mengatasi gejala morning sickness. Dan anda akan merasa lebih sehat menjalani proses kehamilan.
Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....