Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Senin, 22 Desember 2014

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

5 hal yang tidak boleh di lakukan saat hamil.

1. Memakai sepatu hak tinggi
 
Sering kali kita lihat banyak wanita yang sedang hamil memakai sepatu hak tinggi untuk pergi ke suatu acara. Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan menegangnya otot otot di daerah sekitar pinggang. Akibatnya ibu hamil akan sering merasakan rasa sakit dan pegal pegal di daerah pinggang. Hal ini disebabkan oleh berubahnya sumbu tubuh saat hamil.
Tubuh akan cenderung kedepan sehingga ibu hamil akan berusaha menegakkan tubuh dengan menegangkan otot pinggang dan punggung.
Dengan memakai sepatu hak tinggi akan mengakibatkan peregangan pinggang dan punggung semakin bertambah sehingga pinggang dan punggung akan terasa semakin sakit. Selain itu dengan memakai sepatu hak tinggi resiko terjatuh akan lebih besar, yang dapat mengakibat cacat pada janin.

2. Diet Selama Kehamilan


Melakukan diet selama kehamilan tentu akan menyebabkan kekurangan vitamin, mineral dan zat zat lainnya yang sangat diperlukan selama kehamilan sehingga akan membahayakan kesehatan ibu dan janin.

3. Mengkonsumsi obat obatan tanpa petunjuk dokter


Obat obatan yang di konsumsi ibu hamil dapat masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi darah janin. Bahkan beberapa jenis obat dapat di dekresi melalui Asi sehingga kadarnya dalam sirkulasi tubuh bayi hampir sama dengan kadar dalam darah ibu yang dalam beberapa situasi dapat membahayakan bayi. Maka dari itu mintalah petunjuk dokter sebelum mengkonsumsi obat. Dianjurkan janganlah membeli obat yang ada di toko, lebih baik lansung berobat ke dokter untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan saat kehamilan.

4. Melewati jalan yang jelek atau berlobang saat berkendara




Mengendarai kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat bagi ibu hamil itu sah sah saja. Tapi tidak dianjurkan membawa lansung melainkan lebih baik menjadi penumpang dari pada mengendaraai sendiri. Karna saat mengendaraai mobil dengan perut yang semakin membesar akan mengganggu pergerakan tangan saat menyetir. Yang membahayakan bagi ibu hamil saat berkendara adalah melewati jalan yang jelek dan berlobang. Hal ini dapat mengakibatkan goncangan pada kehamilan. Goncangan yang sering akan mengakibatkan trauma pada kehamilan yang bisa membahayakan janin.

5. Penggunaan obat anti nyamuk


Zat zat kimia yang terkandung dalam obat anti nyamuk sangat berbahaya bagi bayi dan ibu hamil. Diantaranya dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan ginjal pada janin dan menjadi racun dalam tubuh. Disarankan bagi ibu hamil untuk memakai kelambu dan kawat nyamuk pada setiap ventilasi.

Itulah tadi 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil.
Semoga Bermanfaat...

1 komentar:

  1. kebetulan istri saya sedang hamil, makasih banyak infox gan. Untuk info no. 4 saya punya pengalaman nyata pada kehamilan pertama istri. Waktu itu dalam perjalanan pake sepeda motor 3 kali kena lubang di jalan, sampai d rumah langsung keluar darah, di periksa bidan katax mending langsung di bawa ke dokter. Jangan lupa mampir di blog saya www.info-pju.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....