Informasi Seputar Kehamilan dan Tips Kehamilan Sehat

Sabtu, 27 Desember 2014

Mengapa Ibu Hamil Dilarang Makan Buah Nanas...?

Alasan Mengapa Ibu Hamil Dilarang Memakan Buah Nanas


Ibu hamil dilarang keras memakan buah nanas, khususnya nanas muda. Karna di dalam buah nanas terdapat beberapa senyawa yang dapat memicu keguguran, yaitu :


    1. Asam

    Perlu anda ketahui, ibu hamil muda  dilarang memakan buah nanas muda karna dapat mengakibatkan keguguran. Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang juga dikenal mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Meskipun belum ada penelitian secra ilmiah, tapi dipercaya buah nanas dapat menyebabkan keguguran pada awal kehamilan, terutama jika mengkonsumsi nanas muda. Karna nanas muda mengandung tingkat keasaman yang sangat tinggi. Sedangkan jika mengkonsumsi nanas pada usia akhir akhir kehamilan bisa menyebakan kontraksi lebih dini

    2. Bromelamin

    Bromelamin adalah enzim pencerna protein yang diekstrak dari buah nanas dan memiliki beberapa efek penting diantaranya meningkatkan penyerapan agen antimicrobial dan melarutkan lendir pelindung bakteridari sistem imun. Zat bromelamin yang terkandung dalam nanas bila dikonsumsi berlebihandapat memicu kontraksi dini bahkan keguguran. Memang zat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan  Namun bagi wanita hamil, kelebihan zat ini justru dapat memicu keguguran.

Itulan dua senyawa yang terdapat dalam buah nanas yang bisa membahayakan bagi ibu hamil. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa buah nanas harus dibatasi bahkan dilarang selama kehamilan, berikut alasannya :
  • Kontraksi dini . Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi nanas secara berkelebihan pada bula pertama kehamilan karna buah nanas mengandung senyawa bromelamin yang dapat menyebabkan melemahnya serviks atau leher rahim. Sehingga akan memicu kontraksi awal.
  • Keguguran. Untuk nanas muda terutama untuk kulitnya yang masih hijau, sangat banyak mengandung bromelamin di dalamnya.Tidak hanya menyebabkan melemahnya leher rahim tetapi juga dapat memicu keguguran.
  • Kelahiran prematur. Ternyata buah nanas juga dapat menyebabakan kelahiran prematur, maka oleh karna itu hindarilah mengkonsumsi buah nanas.
  • Menyebabkan Diare dan Maag. mengkonsumsi nanas terlalu banyak dapat menyebabkan diare dan maag. Disebabkan karna kandungan asam dalam nanas akan mengganggu untuk lambung yang sensitif. Ibu hamil yang mempunyai lambung sensitif tidak dianjurkan untuk memakan buah ini , selain untuk menjaga kesehatannya sendiri juga untuk menjaga kondisi janin. 

   Memakan buah nanas sebenarnya sah sah saja buah nanas yang betul betul sudah matang. Buah nanas yang matang justru banyak mengandung zat zat bergizi untuk perkembangan janin, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, kalium, dan masih banyak lainnya. Sebelum dimakan rendamlah buah nanas pada air garam untuk menghilangkan getahnya.
Semoga Bermafaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blok saya. Akan sangat mengesankan jika anda meninggalkan komentar.....